Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif…

Makassar (Antara Sulsel) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mendata jumlah wisatawan mancanegara pada Januari 2017 yang masuk melalui pintu Makassar tercatat sebanyak 1.677 orang.

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif, kadang turun dan kadang naik juga,” ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, khusus untuk bulan Januari ini jumlah pelancong itu sebanyak 1.677 orang atau sedikit mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat angka sekitar 1.941 orang.

Nursam mengaku, penurunan jumlah angka pelancong mancanegara ini tidak terlalu signifikan karena dari satu bulan ke bulan lainnya atau dengan persentase hanya sekitar 13,6 persen.

Adapun dari jumlah itu, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara yakni, Malaysia, Tiongkok, Singapura, Prancis dan India.

“Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu ada yang dari Benua Asia seperti Tiongkok, Malaysia, Singapura dan India. Kemudian dari Benua Eropa yakni Prancis,” katanya.

Dari kelima negara penyumbang wisatawan terbesar pada bulan Januari itu, berjumlah 1.298 orang atau sekitar 77,4 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.

“Wisman dari lima negara itu yang menjadi penyumbang besar untuk bulan Januari. Kalau melihat persentasenya itu sekitar 77 persen. Sedangkan negara-negara lainnya itu tidak cukup banyak, hanya beberapa orang saja sampai belasan,” sebutnya.

Kenaikan jumlah wisman, lanjutnya, juga berdampak pada Tingkat Penghuni Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang di Makassar, Sulsel pada Januari ini.

Dari seluruh tamu hotel berbintang di Sulawesi Selatan rata-rata lama menginap mencapai 1,84 hari atau naik 0,24 hari pada bulan Januari jika dibandingkan rata-rata lama menginap pada Desember 2016.

Sumber: antarasulsel.com

You might also like

Keren! Ada Pinisi Pop Up Gallery di Depan Benteng Fort Rotterdam

Makassar – Umumnya Pop Up Gallery yang bersifat sementara hanya bisa dilihat di negara Eropa. Namun, sekarang hadir Pinisi Pop Up Gallery di depan Benteng Fort Rotterdam.Di Makassar, tepatnya di

Tour de Central Celebes 2017 Promosikan Destinasi Wisata Sulteng

Ajang balap sepeda skala internasional akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 6-8 November 2017 dengan nama Tour de Central Celebes (TDCC). Berbekal media value yang tinggi, acara ini

Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan wisata strategis nasional oleh pemerintah pusat. “Iya, Togean sudah ditetapkan pemerintah pusat menjadi salah satu kawasan

Gubernur minta BPPD susun kalender event pariwisata

“Harus ada kepastian, bulan ini misalnya ada event apa? Bulan depan apa lagi, setiap bulan secara rutin harus… Makassar (ANTARA Sulsel) – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta

Sinergitas Promosi Pariwisata Menyambut Visit Sulawesi 2020

Makassar (ANTARA Sulsel) – Kepala Dinas Pariwisata se-Sulawesi menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam hal sinergitas promosi pariwisata menyambut Visit Sulawesi 2020 yang difasilitasi oleh Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS).

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply