Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif…

Makassar (Antara Sulsel) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mendata jumlah wisatawan mancanegara pada Januari 2017 yang masuk melalui pintu Makassar tercatat sebanyak 1.677 orang.

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif, kadang turun dan kadang naik juga,” ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, khusus untuk bulan Januari ini jumlah pelancong itu sebanyak 1.677 orang atau sedikit mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat angka sekitar 1.941 orang.

Nursam mengaku, penurunan jumlah angka pelancong mancanegara ini tidak terlalu signifikan karena dari satu bulan ke bulan lainnya atau dengan persentase hanya sekitar 13,6 persen.

Adapun dari jumlah itu, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara yakni, Malaysia, Tiongkok, Singapura, Prancis dan India.

“Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu ada yang dari Benua Asia seperti Tiongkok, Malaysia, Singapura dan India. Kemudian dari Benua Eropa yakni Prancis,” katanya.

Dari kelima negara penyumbang wisatawan terbesar pada bulan Januari itu, berjumlah 1.298 orang atau sekitar 77,4 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.

“Wisman dari lima negara itu yang menjadi penyumbang besar untuk bulan Januari. Kalau melihat persentasenya itu sekitar 77 persen. Sedangkan negara-negara lainnya itu tidak cukup banyak, hanya beberapa orang saja sampai belasan,” sebutnya.

Kenaikan jumlah wisman, lanjutnya, juga berdampak pada Tingkat Penghuni Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang di Makassar, Sulsel pada Januari ini.

Dari seluruh tamu hotel berbintang di Sulawesi Selatan rata-rata lama menginap mencapai 1,84 hari atau naik 0,24 hari pada bulan Januari jika dibandingkan rata-rata lama menginap pada Desember 2016.

Sumber: antarasulsel.com

You might also like

Kemenpar Promosikan Wisata Unggulan Sulteng

PALU – Kementerian Pariwisata turut serta membantu mempromosikan potensi wisata unggulan yang terdapat di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara. Kepala Dinas

Menjaga Tradisi Gorontalo Sejak Umur 9 Tahun

Di usia yang masih sangat muda, 9 tahun, Hadjriah Abdullah telah mahir membuat kerajinan khas Gorontalo, termasuk kopiah karanji (kopiah keranjang, red). Kesungguhannya dalam menekuni kerajinan anyam berbahan mintu ini,

10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Foto: Instagram Marischka Prue Gorontalo, sebuah provinsi ke-32 hasil pemekaran di Indonesia ini memiliki potensi wisata menarik yang sedang hits atau ngetren dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Sejak akhir

Kembali Digelar, Festival F8 Memukau Warga Makassar

Makassar – Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) kembali digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Atraksi pesawat dari Jupiter Akrobat Team TNI Angkatan Udara (AU) memukau langit

Pariwisata dan Perikanan Jadi Perhatian Wakatobi

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih tetap fokus mengembangkan dua sektor, yakni pariwisata dan perikanan. “Kami Pemerintah Kabupaten Wakatobi masih tetap fokus pada pengembangan sektor pariwisata dan perikanan karena

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply