Tol Manado-Bitung Terkoneksi Trans Sulawesi

Tol Manado-Bitung Terkoneksi Trans Sulawesi

Manado (ANTARA News) – Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Roy Octavianus Roring mengatakan, Tol Manado-Bitung yang akan dibangun nantinya akan terhubung dengan ruas jalan trans Sulawesi.

“Jadi jangan hanya terpikir bahwa kehadiran Tol Manado-Bitung hanya untuk kebutuhan dua kota ini. Tol ini nantinya akan menghubungkan dengan transportasi trans Sulawesi,” ungkap Roring, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, apabila pembangunan Tol Manado-Bitung tidak didorong, akan menyebabkan terjadinya penyempitan arus lalu lintas di trans Sulawesi karena akses jalan keluar kecil.

“Tol Manado-Bitung menjadi urat nadi transportasi manusia, barang serta hasil produksi dari Makassar, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan melaui Kota Manado sebelum ke Bitung,” ungkapnya.

Apabila tidak dibangun, dapat menghambat gerak ekonomi Sulawesi Utara serta provinsi lainnya yang ada di Sulawesi karena ekspor barang dan hasil produksi menuju pasar laur negeri terkendala sarana jalan, kata dia.

Dia mengatakan, dari sisi volume kendaraan yang akan melalui ruas jalan ini bisa saja belum mencukupi, namun harus dilihat dari cara pandang yang lebih luas bahwa kehadiran tol ini menyinambungkan gerak ekonomi antarprovinsi di pulau Sulawesi.

“Sekali lagi mau disampaikan bahwa tol Manado-Bitung akan menjadi pintu masuk dan keluar ke bandara internasional Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung menuju pasar internasional,” ungkapnya.

Karena itu menurut Roring, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung berupaya maksimal agar pembayaran ganti rugi tanah dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Panjang ruas jalan tol Manado-Bitung sekitar 39 kilometer, dan melalui Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. Proses ganti rugi sementara berjalan,” ungkapnya.

(ANTARA)

You might also like

Presiden telah Resmikan Tiga Bandara di Miangas Sulut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga bandara di wilayah Sulawesi yakni Bandar Udara Miangas di Pulau Miangas, Gedung Penumpang Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena, dan Gedung Penumpang

Infrastruktur Tumbuh, Sulut Maju

MANADO—Salah satu masalah di Sulut adalah kemiskinan dan pengangguran. Hal ini dipahami Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan wakilnya Steven Kandouw. Ini terlihat dengan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran berada di

Bandara Buntukunik Tana Toraja Segera Diuji Teknis

Kementerian Perhubungan akan melakukan uji teknis terkait dengan keselamatan penerbangan dan jenis pesawat di lokasi pembangunan Bandar Udara Buntukunik, Tana Toraja. Uji teknis itu dilakukan selama tiga bulan mulai Februari

Ini Proyek-proyek Infrastruktur di Sulawesi yang Sudah Jalan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi di tahun 2018 mencapai 7,83%. Sejumlah program pembangunan infrastruktur dicanangkan untuk mendukung berlangsung dengan baiknya kegiatan ekonomi di Sulawesi. Berdasarkan data Badan

Pemkot Percepat Pembangunan Jalan Menuju “Kendari Newport”

Pemerintah Kota Kendari mempercepat pembangunan akses jalan menuju “Kendari Newport” di Bungkutoko. Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Senin, mengatakan jalan sepanjang kurang lebih dua kilometer itu sudah mulai di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply