May 2, 2017 267 Views

Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan wisata strategis nasional oleh pemerintah pusat.

“Iya, Togean sudah ditetapkan pemerintah pusat menjadi salah satu kawasan wisata strategis nasional. Karena itu, pengembangan kawasan ini menjadi prioritas Pemprov Sulteng,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Ardiansyah Lamasituju di Palu, Senin.

Saat ini, kata Ardiansyah, peta perencanaan pembangunan kawasan startegis wisata bahari di Sulteng itu telah selesai dikerjakan untuk rencana pembangunan 2017 yang terintegrasi dengan sejumlah kementerian.

Olehnya, pendanaan baik pembangunan infrastruktur maupun penambahan industri pariwisata serta armada angkutan direncanakan terealisasi pada 2017 termasuk penambahan jalur penerbangan.

“Tahun ini direncanakan anggarannya akan diturunkan melalui APBN 2017, baik pembangunan infrastruktur, penambahan armada hingga penambahan operator dan jalur penerbangan,” katanya.

Menurut dia, penambahan sejumlah armada itu merupakan bentuk dukungan dan upaya pemerintah mempermudah akses dan mobilisasi para wisatawan berkunjung ke destinasi unggulan Sulteng tersebut.

Kepulauan Togean sebelumnya juga telah ditetapkan oleh Pemprov Sulteng sebagai destinasi unggulan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Sulteng Nomor: 35 Tahun 2016 tentang destinasi wisata prioritas.

Destinasi unggulan lainnya adalah Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang di dalamnya terdapat obyek wisata danau tambing, serta kawasan megalitikum Lembah Bada, Kabupaten Poso.

Ia berharap dengan adanya rencana pemngembangan kawasan itu, Sulteng mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

“Ini merupakan sinergi antara pemerintah daerah dan pusat dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah dan nasional melalui sektor pariwisata,” ujarnya.

Kepulauan Togean bisa dijangkau dengan kapal cepat selama dua jam dari Kota Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Unauna, sedangkan Ampana bisa dijangkau dengan penerbangan langsung selama 30 menit dari Bandara Mutiara Sis Aldjufri Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Di Kepulauan Togean ini sudah berdiri sejumlah resort wisata yang melayani wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam (diving) atau snoorkeling.

Sumber : antarasulteng.com

You might also like

Kepulauan Togean Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Wilayah Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo UnaUna, Provinsi Sulawesi Tengah, yang terletak di Teluk Tomini, masuk dalam daftar nominasi calon penerima Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017. “Masuk dalam kategori tempat

Gubernur minta BPPD susun kalender event pariwisata

“Harus ada kepastian, bulan ini misalnya ada event apa? Bulan depan apa lagi, setiap bulan secara rutin harus… Makassar (ANTARA Sulsel) – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta

Wisata Sejarah “benteng Otanaha” Ramai Pengunjung

Objek wisata sejarah yang juga merupakan situs cagar budaya “Benteng Otanaha” di Kelurahan Dembe, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai pengunjung saat akhir pekan, Minggu. Pantauan ANTARA, pengunjung yang datang ke

Sulbar Targetkan 2017 Dikunjungi 15 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menargetkan jumlah kunjungan wisatawan melalui sektor pariwisata pada 2017 mencapai sekitar 15 juta orang dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan memajukan ekonomi daerah. Ketua panitia pelaksana

Wisata pulau Karampuang Mamuju

Sejumlah pengunjung menikmati libur akhir pekan di Pulau Karampuang, Mamuju, Sulawesi Barat. Minggu (19/3). Pulau karampuang merupakan salah satu tempat favorit yang ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri untuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply