Tingkatkan Wisata, Sulut Kembangkan Tiga Tempat Ini

Tingkatkan Wisata, Sulut Kembangkan Tiga Tempat Ini

JAKARTA – Untuk mendongkrak potensi pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan prasarana transportasi yaitu di Bandara Miangas, Bandara Sam Ratulangi, dan Pelabuhan Bitung.

Komitmen untuk mengembangkan dua bandara dan satu pelabuhan tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan bersama yang ditandatangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada hari ini.

“Poin utama dari kesepakatan ini adalah menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat sangat concern dengan Provinsi Sulawesi Utara karena potensinya yang sangat luar biasa,” jelas Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Menurut Budi Karya, Sulawesi Utara memiliki potensi untuk menarik wisatawan asing. Pengembangan di sektor transportasi diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing. Dia menambahkan, beberapa pengembangan akan dilakukan di Bandara Miangas, Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung.

“Miangas itu pulau terluar, penting untuk kita jaga teritorialnya dan kita perhatikan. Makanya kita adakan penerbangan perintis ke sana. Untuk investasinya, kita akan tambah sekitar Rp100 miliar untuk perbaikan Bandara Miangas,” ujar dia.

“Sementara untuk bandara Sam Ratulangi, saya meminta kepada pihak PT Angkasa Pura I untuk memperbaiki kualitas agar lebih baik lagi. Investasinya sekitar Rp400 miliar untuk pengembangan bandara Sam Ratulangi,” jelasnya lagi.

Sedangkan untuk pengembangan Pelabuhan Bitung, Menhub mengatakan memprioritaskan pengembangan pelabuhan dengan membuka peluang investasi baik dari luar maupun dalam negeri.

“Untuk itu, saya meminta Pemprov Sulut segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan dan masterplan pelabuhannya, untuk mempersiapkan jika ada investor yang berminat mengembangkan pelabuhan,” pungkasnya.

(ven)

You might also like

Gorontalo Genjot Industri-pariwisata Topang Pertumbuhan Ekonomi

Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan menggenjot sektor industri dan pariwisata untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang selama ini hanya bertumpu pada sektor pertanian. “Gorontalo mengalami stagnasi dalam

Sinergitas promosi pariwisata menyambut Visit Sulawesi 2020

“Pembangunan kereta api di Sulsel masih sedang berjalan, hanya saja menemui hambatan-hambatan…  Makassar (ANTARA Sulsel) – Kepala Dinas Pariwisata se-Sulawesi menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam hal sinergitas promosi pariwisata menyambut

Sulbar Targetkan 2017 Dikunjungi 15 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menargetkan jumlah kunjungan wisatawan melalui sektor pariwisata pada 2017 mencapai sekitar 15 juta orang dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan memajukan ekonomi daerah. Ketua panitia pelaksana

Sulawesi, Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan peningkatan nilai produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Peningkatan tersebut berada di angka 5,01 persen selama kuartal pertama 2017. Pulau Sulawesi merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi tertinggi.

Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Perikanan Untia Makassar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan pengoperasian Pelabuhan Perikanan Untia Makkasar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/11/2016). Presiden Jokowi dan rombongan tiba di pelabuhan yang berada di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply