10 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

10 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 38.140.00 km2, dengan total populasi berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 sebesar 2.232.586 jiwa. Hari jadi provinsi ini jatuh pada tanggal 22 September 1964. Provinsi ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Kendari. Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Banyak sekali tempat wisata yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara, salah satu nya adalah Taman Nasional Wakatobi. Terletak di Kabupaten Wakatobi, Taman nasional ini memiliki luas wilayah sekitar 13.900 km persegi. Taman ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik di Indonesia. Daerah ini terkenal dengan indah pemandangan bawah laut, seperti terumbu karang dengan ikan yang cantik menghiasi laut yang biru.

Selain itu juga terdapat tempat wisata yang lain seperti Air Terjun Moramo. Air terjun yang terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa ini merupakan air terjun yang bertingkat-tingkat atau biasa disebut Cascade. Mempunyai ketinggian sekitar 100 meter, dengan 7 Tingkatan utama, dan 60 tingkatan kecil. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Mari kita baca Review tentang 10 Tempat Wisata Menarik Yang ada di Sulawesi Tenggara berikut ini:

 

  1. Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi (TNW) merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi juga merupakan salah satu dari sedikit dan terluas taman nasional laut di Indonesia. Terumbu karang dan ikan termasuk sumberdaya penting yang menjadi fokus pengelolaan TNW. Ekosistem terumbu karang dinilai sebagai ekosistem laut pantai yang sangat produktif yang dapat ditemui di perairan tropis.

  1. Air Terjun Moramo

Air-Terjun-Moramo

Air Terjun Moramo, merupakan air terjun yang bertingkat – tingkat, indah diantara lingkungan yang masih asri. Lama perjalanan dari kota Kendari 1 – 2 jam. Jalan masuk menuju Air terjun moramo ada yang masih belum di aspal sekitar 20 menit hampir mencapai lokasi. Berada di daerah desa transmigrasi. Dari tempat parkir mobil/motor menuju lokasi air terjun utama harus berjalan kaki mengikuti jalan setapak sekitar 20 – 30 menit. Cocok bagi yang senang berpertualang.

  1. Benteng keraton Buton

benteng keraton buton

Benteng keraton Buton merupakan benteng terluas di dunia. terletak di ketinggian, seluruh kota Baubau terlihat dari sini. Berperan penting dalam perkembangan sejarah kerajaan dan kesultanan Buton (Wolio). Objek wisata utama di BauBau ini menyajikan benteng terpanjang di dunia. Benteng ini terbuat dari batu dan mengelilingi kompleks perumahan yang dulunya adalah kerajaan buton. Di sini juga terdapat beberapa gua yang pada jaman dahulu dijadikan tempat persembunyian Aru Palaka. Benteng ini terletak di atas bukit namun tidak jauh dari pusat kota bau bau

  1. Permandian Tamborasi

tamborasi-river

Permandian Tamborasi Sangat Unik karena mempunyai sungai yang keluar dari batu pegunungan tetapi sangat pendek hanya sepanjang kurang lebih 100m sudah mencapai laut. Sungai yang konon terpendek didunia ini terletak di ujung kabupaten Kolaka berbatasan dengan kabupaten Kolaka Utara. Dari kota kendari dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 4 jam. Orang sering menyebutnya dengan sebutan sungai terpendek didunia lantaran sungai ini panjangnya hanya beberapa meter saja dari laut. Airnya disungai ini jernih dan segar.

  1. Pantai Taipa

pantai taipa

Pantai tersembunyi ini berada satu kawasan dengan Pantai Taipa. Hanya berjalan kali sekitar 30 menit menaiki bukit di ujung pantai ini anda dapat menemukan pantai pasir putih yang tersembunyi, dalam perjalanan kesana anda akan melewati goa kelelawar yang berada dalam posisi vertikal, namun perlu berhati-hati karena bukit yang agak curam. Namun semua terbayar ketika anda sudah menemukan pantai ini.

  1. Pantai Bokori

pantai bokori

Pantai pasri putih pulau Bokori sangat indah dan bersih, bisa dijangkau dengan perahu dengan tarif 25ribu-35rb perorang PP Jarak tempuh sekitar 15 menit Dari dermaga penyebrangan. Kota bisa menikmati suasana pantai yang cantik Dan jernih. Di pulau ini Juga tersedia cottage yang bisa disewa jika pengunjung ingin bermalam dipulau. Masuk kepulau ini tidak dikenakan biaya. Sudah termasuk dengan transportasi. Lokasi sangat fotogenik jadi bisa dijadikan later prawedding.

  1. Pantai Toronipa

pantai-toronipa

Pantai Toronipa merupakan salah satu Pantai yang cukup populer di Kendari, berjarak 30 – 60 Menit dari pusat kota Kendari. Jalan menuju lokasi masih ada beberapa yang rusak. Pantainya cukup panjang, dangkal, dan cukup tenang. Bagus untuk anak – anak kecil bermain air. Tersedia gubuk/saung yang disewakan untuk istirahat. terdapat wahana banana boat. Yang masih kurang adalah fasilitas kamar mandi serta tidak ada tempat nyaman untuk menginap. Untuk kuliner juga terbatas, lebih baik bawa konsumsi sendiri.

  1. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

SANYO DIGITAL CAMERA

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) terletak di Kec. Tinanggea Kab. Konawe Selatan. Taman Nasional ini memiliki luas 105.194 Ha meliputi 4 kabupaten di Sulawesi Tenggara yaitu Konawe, Konawe Selatan, Bombana dan Kolaka Timur. Terdiri dari 4 ekosistem yang terbentang berurutan dari pinggir laut sampai daratan meliputi ekosistem mangrove, savana, hutan pegunungan dataran rendah dan ekosistem rawa membuat TNRAW memiliki potensi keanekaragaman flora & fauna khas Sulawesi yang layak untuk dinikmati.

  1. Pantai Nirwana

Pantai-Nirwana

Pantai Nirwana adalah salah satu pantai yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke BauBau. Lokasinya mudah diakses menggunakan mobil ataupun motor. Di area pantai terdapat beberapa toko yang menjual makanan dan minuman, peminjaman ban, tempat mandi, dan gubuk-gubuk (+ tempat untuk memanggang ikan) yang bisa disewa (Ro 50.000). Pantai ini memiliki pasir yang putih, bibir pantai yang cukup panjang (+30m), banyak pohon kelapa sehingga cukup teduh. Karang-karangnya pun cukup bagus sehingga cocok untuk snorkelling. Namun karang-karang yang bagus rata-rata terletak agak ke tengah sehingga lebih cocok untuk diving.

  1. Pantai Katembe

pantai ketambe

Pantai Katembe adalah salah satu pantai yang paling terkenal di lombok pantai dan sangat terlambat untuk awal dan bagus untuk peselancar, banyak orang berselancar dan tempat yang bagus untuk berjalan-jalan atau bersantai memiliki banyak guru untuk mengajar berselancar.
Aku menikmati indah matahari terbenam ketika matahari turun dan itu benar-benar baik berjalan-jalan di sana, aku melihat ke depan untuk akan kembali ke sana lagi di lain waktu.

Sumber: amabeltravel.com

You might also like

20 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan ibukotanya  yaitu Makassar dan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia Timur. Propinsi  ini mempunyai banyak sekali tempat wisata  yang menarik dan wajib untuk di

15 Tempat Wisata di Sulawesi Barat

Sulawesi Barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat kaya. Daerah yang dikenal dengan penghasil kakao ini ternyata menyimpan pesona alam dan

Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Tempat wisata di Provinsi Gorontalo secara topografi di dominasi oleh daerah perbukitan, dan yang paling unik Provinsi Gorontalo memiliki tempat wisata pantai dan sejarah yang sangat menarik. Masyarakat Gorontalo dikenal

15 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 2.831.283 jiwa (2014). Sulawesi Tengah memiliki

10 Tempat Wisata di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di ujung Pulau Sulawesi, daerah ini memiliki 15 kabupaten/kota yang terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota. Provinsi ini

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply