Teguh Setyabudi Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur Sultra

KENDARI – Teguh Setyabudi dilantik menjadi penjabat (pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Kendari, Sultra, Senin (19/2).

Pelantikan Teguh yang juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai Keputusan Presiden (Keppres) 23/P Tahun 2018 tentang pemberhentian dengan hormat gubernur dan wakil gubernur (wagub) Sultra periode 2013-2018 dan pengangkatan penjabat gubernur Sultra.

Masa tugas gubernur Sultra nonaktif Nur Alam dan wagub sekaligus pelaksana tugas gubernur Sultra, Saleh Lasata telah berakhir pada 18 Februari 2018. Prosesi pelantikan pj gubernur di ibu kota provinsi ini menjadi yang pertama dilaksanakan mendagri.

Untuk diketahui, setiap pj sebelumnya dilantik di ibu kota negara, khususnya di aula Kantor Kemendagri, Jakarta. Berdasarkan Peraturan Presiden Presiden (Perpres) Nomor 16/2016 mengenai tata cara pelantikan kepala daerah, Pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa pelantikan pj gubernur dilaksanakan di ibu kota negara dan/atau di ibu kota provinsi yang bersangkutan.

Saleh Lasata berterima kasih kepada Mendagri yang menggelar pelantikan pj gubernur Sultra di Kendari. Bagi Saleh, hal ini merupakan kehormatan untuk warga Sultra. “Ini suatu kehormatan bagi masyarakat Sultra Bapak penjabat gubernur bisa disaksikan langsung oleh masyarakat,” kata Saleh dalam sambutannya.

Dia menyampaikan permohonan maaf apabila selama kepemimpinan Nur Alam dan dirinya banyak kekeliruan. “Kami juga adalah manusia biasa yang tentu banyak kekurangan-kekurangan. Kami mohon maaf, manakala di sana sini terjadi kekhilafan,” ucapnya.

Tjahjo mengucapkan selamat kepada Nur Alam dan Saleh Lasata yang telah memerintah di Sultra selama 10 tahun. Sultra maju dengan cepat. Tjahjo menyampaikan selamat bertugas kepada Teguh dalam mengemban amanah sebagai pj gubernur Sultra. Dia meminta Teguh meningkatkan koordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda). “Jalin komunikasi dengan tokoh agama, masyarakat, adat. Saya yakin pilkada (pemilihan kepala daerah) di Sultra juga akan lancar, aman dan demokratis,” kata Tjahjo.

Ketua Umum TP PKK sekaligus istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti hadir dalam pelantikan. Pada kesempatan itu, Erni melantik ketua TP PKK Sultra. Pelantikan juga dihadiri diantaranya Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono, Dirjen Bina Keuangan Daerah (Binkeuda) Syarifuddin, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Sultra, kapolda Sultra dan sejumlah bupati dan wali kota di Sultra.
Sumber :Puspen Kemendagri

You might also like

ABM-Enny Dilantik Jadi Gubernur dan Wagub Sulbar

MAMUJU – Ali Baal Masdar (ABM) dan Enny Anggraeny Anwar telah dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat periode 2017-2022 pada Jumat  12 Mei 2017. Pelantikan akan berlangsung di

Jokowi Minta Longki Tingkatkan Pembangunan Sulteng dan Kembangkan KEK Palu

JAKARTA, SULTENGEKSPRES — Presiden Joko Widodo mengatakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah yang mencapai 9,98 persen, berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 5,02 persen. Ia berharap itu menjadi

Menteri KLH Hadiri Perayaan Hut Ke-16 Gorontalo

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Provinsi Gorontalo dengan sejumlah kegiatan di Gorontalo, Senin. Saat tiba di daerah tersebut, Siti

Dondokambey terima penghargaan pembina karang taruna terbaik

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menerima penghargaan sebagai pembina karang taruna terbaik tahun 2016 di Palembang. “Ini adalah buah kerja keras Gubernur Dondokambey membangun Sulut di berbagai sisi termasuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply