May 3, 2017 526 Views

Sulteng : Masyarakat Mampu Diimbau Beli Elpiji Non Subsidi

Masyarakat Mampu Diimbau Beli Elpiji Non Subsidi

Palu, – Masyarakat Palu ibukota Sulawesi Tengah yang kategori sudah mampu diimbau untuk membeli elpiji non subsidi untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.

“Elpiji subsidi (3kg) hanya diperuntukan bagi warga yang kurang mampu,” kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu,Selasa.

Selama ini, kata dia, kebanyakan warga yang ekonominya sudah bagus, justru masih memburu elpiji subsidi.

Padahal, pemerintah telah menyediakan elpiji non subsidi 5,5kg dan 12kg/tabung untuk kebutuhan warga yang sudah mapan ekonominya.

Menurut dia, kelangkaan elpiji di Palu dalam dua pekan terakhir lebih dikarenakan banyak warga mampu yang membeli elpiji subsidi guna menghemat biaya.

Padahal, Pertamina setiap bulannya sudah mengalokasikan stok elpiji 3kg sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. “Tapi karena peruntukannya tidak hanya semata-mata warga kurang mampu, hal itu yang menyebabkan persediaan tidak mencukupi kebutuhan,” katanya.

Pemkot Palu dan Pertamina akan menata kembali pendistribusian elpiji subsidi ke setiap pangkalan pengecer. “Pemkot Palu akan mengeluarkan surat edaran (SE) terkait peruntukan elpiji 3kg,” kata Tamin.

Dengan demikian, pangkalan hanya akan melayani permintaan elpiji 3kg warga yang kurang mampu (warga miskin) selama ini menjadi sasaran pemerintah memberikan subsidi dimaksud.

Pantauan di sejumlah pangkalan pengecer elpiji 3kg di Palu masih banyak yang belum menjual komoditi strategis itu karena stok habis.

Sementara di kios-kios masih banyak elpiji 3kg dijual, tetapi hanya jauh lebih tinggi berkisar Rp20.000 sampai Rp25.000/tabung. Harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan pemerintah Rp16.000/kg untuk elpiji 3kg.

Sumber :  (antarasulteng.com)

You might also like

Bappenas Harapkan Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo Naik 6,80 Persen

Gorontalo, – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI berharap pertumbuhan ekonomi (PE) di Provinsi Gorontalo bisa tumbuh sebesar 6,46 hingga 6,80 persen di tahun 2018 “Capaian target tersebut untuk mendukung

Pemkab Mamuju ajukan kerja sama dengan Jepang

“JICA merupakan sebuah lembaga yang didirikan Pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang… Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat mengajukan kerja sama dengan Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau JICA (Japan

Sulawesi, Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan peningkatan nilai produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Peningkatan tersebut berada di angka 5,01 persen selama kuartal pertama 2017. Pulau Sulawesi merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi tertinggi.

60 Calon Investor Berminat Masuk Sulawesi Tengah

Sebanyak 60 calon investor dari berbagai negara dan dalam negeri akan bertemu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan PT. Bank Sulteng di Jakarta awal Desember 2016 guna membicarakan rencana investasi. “BKPM

BKPRS membahas keberlanjutan GERNAS KAKAO

Makassar- Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi telah melaksanakan pertemuan dengan BAPPEDA dan SKPD se Sulawesi atau Pejabat yang membawahi perkebunan di Sekretariat BKPRS Jl. A.P Pettarani F8 No 1 (18/01)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply