Sosialisasi Program Visit Sulawesi 2020 Dan Pertemuan TVRI Se Sulawesi

Indonesia dikaruniai keindahan alam yang luar biasa, yang menyimpan banyak potensi budaya dan keindahan alam sebagai obyek pariwisata. Letak geografisnya yang strategis ditambah kekayaan flora dan fauna, keanekaragaman bahasa dan suku bangsa, peninggalan purbakala, serta peninggalan sejarah, seni dan budaya sungguh merupakan potensi yang sangat besar untuk kita kembangkan bersama-sama.

Potensi yang sangat besar itu tersebar di banyak wilayah di tanah air yang dapat kita garap dan kita tumbuhkan sebagai tujuan pariwisata, baik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negeri. Pengembangan tujuan wilayah pariwisata itu Insya Allah dapat mendorong percepatan pembangunan daerah yang juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat Sulawesi dan bagi seluruh rakyat Sulawesi Indonesia pada umumnya.

Kementerian Pariwisata juga menargetkan belanja wisatawan dari dalam negeri mencapai Rp 201,5 triliun, dari 254 juta pergerakan wisata. Rata-rata belanja wisatawan dalam negeri mencapai Rp 750.000 per orang, sementara belanja wisman mencapai US$ 1.200 per orang.

Dilihat dari keadaan geografisnya, Pulau Sulawesi merupakan perpaduan dari daratan besar dan gugusan pulau. Banyak sekali pulau-pulau yang tersebar di sekeliling pulau terbesarnya. Daratannya tidak terpapar dan menjadi satu, melainkan terbelah-belah sehingga menyerupai huruf ‘K’. Karena itu Sulawesi mempunyai banyak teluk. Tiga teluk terbesar di pulau Sulawesi adalah Teluk Tomini (utara), Teluk Tolo (timur), dan Teluk Bone (selatan). Demikian pula dengan letaknya yang dekat dengan Khatulistiwa, hutan-hutan di pedalaman pulau Sulawesi termasuk jenis hutan hujan tropis.

Oleh karena itu, banyak sekali hal yang bisa dinikmati di pulau Sulawesi ini. Untuk berwisata, menambah pengetahuan, berpetualang, atau hanya sekedar melepas lelah, pulau Sulawesi merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kepedulian semua pihak untuk menyadari bahwa Sulawesi memiliki potensi luar biasa, namun belum dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan bagi warga masyarakat secara luas;
  2. Menginformasikan mengenai program Visit Sulawesi 2020;
  3. Terjalin sinergitas dalam meningkatkan pariwisata di Sulawesi menuju Visit Sulawesi 2020.

Kegiatan Desiminasi Visit Sulawesi 2020 dilaksanakan di Hotel Santika Makassar pada tanggal 5 Desember 2015.

Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah :

  1. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah – Hj. Sitti Norma Mardjanu,S.H.,M.Si.,M.H.
  2. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan – Drs. Syafruddin Rahim
  3. Kabid Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo – Henry Tooy
  4. Kepala UPTD Taman Wisata Gentungan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat – Karnoto, S.Pd., M.Adm. Pemb.

Bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini Ir. Martinus Manganti, M.AP dari BKPRS

You might also like

Sosialisasi PERPRES Tata Ruang Pulau Sulawesi

Perpres tentang RTR Pulau/Kepulauan dan KSN merupakan rencana rinci dari Rencana Tala Ruang Wilayah Nasional (RTRWN). Muatan rencana rinci diantaranya adalah tujuan, kebijakan dan strategi penataan ruang, rencana struktur dan

Pelatihan Jurnalistik Regional Sulawesi

Pelatihan Jurnalistik Regional Sulawesi dengan tema “Menulis Bagian Dari Transformasi Gagasan” adalah kegiatan yang dilaksanakan Badan kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi untuk member kesempatan kepada karyawan BKPRS, Tim Redaksi Jendela Sulawesi,

Seminar Regional Kedaulatan Energi Dan Ketenaga-Listrikan Di Sulawesi

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) didukung oleh Pemerintah Provinsi se Sulawesi pada tanggal 25 Februari di hotel Novotel Grand Shayla Makassar dengan mengahadirkan Direktur Pembinaan

Orientasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Bidang Pengadaan Barang dan Jasa

Dalam menjalankan fungsi pemerintahan, sudah pasti dibutuhkan logistik, peralatan dan jasa yang menunjang optimalnya kerja instansi tersebut. Kebutuhan ini dipenuhi oleh beberapa pihak, baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta.

Majalah Jendela Sulawesi edisi 4 – Tahun 2021 “Menuju Pemulihan Ekonomi Regional Sulawesi 2022”

Majalah Jendela Sulawesi edisi 4 – Tahun 2021Download disini – https://bit.ly/3EkIyhl

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply