Pariwisata dan Perikanan Jadi Perhatian Wakatobi

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih tetap fokus mengembangkan dua sektor, yakni pariwisata dan perikanan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Wakatobi masih tetap fokus pada pengembangan sektor pariwisata dan perikanan karena kedua sektor tersebut potensinya di Wakatobi cukup besar,” kata Bupati Wakatobi, H Aruhawi Ruda di Wangiwangi, Minggu.

Menurut dia, wilayah Wakatobi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang letak geografisnya diapit dua laut besar, yakni Laut Banda dan Laut Folores.

Posisi geografis tersebut, kata dia, membuat Wakatobi memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan karena alam bawah lautnya dihuni oleh beragam jenis terumbu karang, ratusan jenis ikan dan biota laut lainnya.

“Oleh karena potensi pariwisata dan perikanan di Wakatobi cukup besar dan menjanjikan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Wakatobi masih terus berkosentrasi mengembangkan kedua sektor tersebut,” katanya.

Ia mengakui dalam mengembangkan potensi pariwisata dan perikanan Wakatobi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Masalahnya, kata dia, Pemerintah Pusat sejak 1996 telah menetapkan kawasan kepulauan Wakatobi sebagai kawasan Taman Laut Nasional Wakatobi.

“Oleh karena wilayah Wakatobi masuk dalam kawasan Taman Laut Nasional Wakatobi, maka pemerintah dan masyarakat Wakatobi tidak boleh seenaknya mengelola sumber daya perikanan maupun pariwisata di Wakatobi,” katanya.

Setiap penggunaan kawasan di Wakatobi, kata dia, haruslah selalu memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya alam lestari dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat Wakatobi eksra hati-hati dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya kelautan dan pariwisata Wakatobi,” katanya.

Sumber: Antarasultra

You might also like

Wakatobi Wave 2017 Berlangsung Oktober, Disiapkan Dive Spots untuk Presiden Jokowi

Destinasi prioritas, Wakatobi di Sulawesi Tenggara bakal menggelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2017 atau disingkat Wakatobi Wave 2017 pada 19-22 Oktober 2017. Acara ini bakal menyajikan berbagai acara kebudayaan

Rapat Koordinasi Pariwisata Sulawesi “Konektivitas Pariwisata Sulawesi”

  MAKASSAR — Sulawesi sebagai fokus utama pembangunan Kawasan Timur dan Timur Laut Indonesia memiliki potret sumber daya alam, kebudayaan dan bentang landscape yang tidak dimiliki oleh daerah lain di

Keren! Ada Pinisi Pop Up Gallery di Depan Benteng Fort Rotterdam

Makassar – Umumnya Pop Up Gallery yang bersifat sementara hanya bisa dilihat di negara Eropa. Namun, sekarang hadir Pinisi Pop Up Gallery di depan Benteng Fort Rotterdam.Di Makassar, tepatnya di

Gubernur minta BPPD susun kalender event pariwisata

“Harus ada kepastian, bulan ini misalnya ada event apa? Bulan depan apa lagi, setiap bulan secara rutin harus… Makassar (ANTARA Sulsel) – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta

Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif… Makassar (Antara Sulsel) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mendata jumlah wisatawan mancanegara pada Januari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply