Gorontalo Utara Bangun “tracking Mangrove” Untuk Wisata

Gorontalo Utara Bangun

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo akan membangun “tracking” atau jalur untuk tanaman mangrove di Desa Langge, Kecamatan Anggrek, guna menunjang sektor pariwisata.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap setempat, Amanda Sunge, Minggu di Gorontalo mengatakan, “tracking mangrove” merupakan program bersama pihaknya dengan CCDP-IFAD dan pemerintah desa.

“Kolaborasi dengan pemerintah Desa Langge bersumber dari APBDes untuk membangun jalur jembatan terbuat dari papan sepanjang 120 meter, ditambah sepanjang 180 meter bersumber dari program CCDP-IFAD,” ujar Amanda.

Jadi total “tracking mangrove” tersebut sepanjang 300 meter yang akan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata desa.

Potensi ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan daerah, serta diharapkan mampu menumbuh kembangkan semangat masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Disamping itu kata Amanda, pihaknya akan menurunkan tim teknis untuk melakukan pendampingan pembudidayaan kepiting bakau yang juga sangat potensial di daerah ini.

Budidaya kepiting bakau akan diujicobakan di lokasi “tracking mangrove” yang dibentuk menyerupai hati tersebut, didukung dengan penyiapan petak-petak budidaya untuk masyarakat.

Hasilnya uji coba tersebut kata Amanda, akan diserahkan kembali kepada masyarakat selaku pembudidaya di desa tersebut.

Sehingga potensi pariwisata dan budidaya kepiting bakau, akan dikolaborasikan agar bisa memajukan desa ini secara signifikan.

Ada beberapa wilayah hutan mangrove di daerah ini yang potensial sebagai destinasi wisata edukasi di Gorontalo kata Amanda, diantaranya di Kecamatan Tomilito dan Kwandang.

Maka diharapkan keberhasilan di Desa Langge akan dilakukan di wilayah potensial lainnya.

Sumber; Antaragorontalo

You might also like

Sulawesi Utara Targetkan 700 Ribu Wisatawan

JAKARTA – Pemerintah Sulawesi Utara menargetkan peningkatan jumlah wisatawan ‎untuk tahun depan sebanyak 700 ribu. Sementara, Kementerian Pariwisata telah menargetkan pada tahun 2019, wisatawan asing yang datang ke Indonesia berjumlah

2017, Gorontalo Targetkan 30.000 Wisatawan Asing

Pemerintah Provinsi Gorontalo mengincar kunjungan wisatawan asing hingga 30.000 sepanjang tahun 2017. Jumlah tersebut 4 kali lipat dari lawatan turis mancanegara pada 2016 sebanyak 7.000 wisatawan. Plt. Kepala Dinas Pariwisata

Rapat Koordinasi Pariwisata Sulawesi “Konektivitas Pariwisata Sulawesi”

  MAKASSAR — Sulawesi sebagai fokus utama pembangunan Kawasan Timur dan Timur Laut Indonesia memiliki potret sumber daya alam, kebudayaan dan bentang landscape yang tidak dimiliki oleh daerah lain di

Kembali Digelar, Festival F8 Memukau Warga Makassar

Makassar – Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) kembali digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Atraksi pesawat dari Jupiter Akrobat Team TNI Angkatan Udara (AU) memukau langit

Atraksi Pisang Tumbuk Tutup Festival Boalemo

Gorontalo, – Atraksi kuliner pisang tumbuk menutup seluruh rangkaian Festival Boalemo 2016 di Kabupaten Boalemo dalam beberapa hari terakhir. Atraksi tersebut menampilkan sederetan warga yang membakar pisang, lalu menumbuknya dengan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply