April 3, 2017 361 Views

Gorontalo Genjot Industri-pariwisata Topang Pertumbuhan Ekonomi

Gorontalo Genjot Industri-pariwisata Topang Pertumbuhan Ekonomi

Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan menggenjot sektor industri dan pariwisata untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang selama ini hanya bertumpu pada sektor pertanian.

“Gorontalo mengalami stagnasi dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini berada di angka 17-18 persen, karena kalau melihat pendapatan perkapita kita baru sekitar Rp27 juta, sementara pendapatan nasionalnya Rp47 juta,” kata Zudan.

Makanya untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak bisa hanya tergantung pada sektor pertanian, akan tetapi harus digeser ke sektor industri atau pariwisata.

Di sinilah perencanaan pembangunan harus dikelolah dengan betul, karena inflasi kita bisa tajam melonjak tinggi, yang bersumber dari sektor pertanian yaitu Bawang, cabai dan Tomat.

“Sektor kita yang paling kuat adalah pertanian sekitar 40 persen, sehingga ketika terjadi perubahan iklim maka inflasi pasti akan cepat naik,” imbuhnya.

Sehingga perencanaan pembangunan ke depan harus digeser, misalnya ke sektor industri atau pariwisata yang tidak terlalu tergantung dengan iklim, seperti contoh di Provinsi Bali.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaskan bahwa proyeksi kajian pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2007-2025, memang masih bertumpuk pada sektor pertanian.

“Karena memang itu potensi yang dimiliki daerah,” kata Winarni.

Ia menambahkan, pertambahan lahan pertanian Gorontalo sekitar 420 ribuan hektare, tapi dari total itu hampir 360 ribu hektare adalah lahan kering, sementara sisanya adalah lahan persawahan.

Sumber : antaragorontalo.com

You might also like

Wakatobi Wave 2017 Berlangsung Oktober, Disiapkan Dive Spots untuk Presiden Jokowi

Destinasi prioritas, Wakatobi di Sulawesi Tenggara bakal menggelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2017 atau disingkat Wakatobi Wave 2017 pada 19-22 Oktober 2017. Acara ini bakal menyajikan berbagai acara kebudayaan

Sulbar Targetkan 2017 Dikunjungi 15 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menargetkan jumlah kunjungan wisatawan melalui sektor pariwisata pada 2017 mencapai sekitar 15 juta orang dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan memajukan ekonomi daerah. Ketua panitia pelaksana

10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Foto: Instagram Marischka Prue Gorontalo, sebuah provinsi ke-32 hasil pemekaran di Indonesia ini memiliki potensi wisata menarik yang sedang hits atau ngetren dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Sejak akhir

BKPRS bertemu dengan Konsulat Australia di Makassar

Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) telah melaksanakan pertemuan (18/01) dengan Consul General Australia dan Vice Consul yang dihadiri oleh sekretaris Jenderal BKPRS, Para direktur dan staf  di Wisma Kalla

Kembali Digelar, Festival F8 Memukau Warga Makassar

Makassar – Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) kembali digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Atraksi pesawat dari Jupiter Akrobat Team TNI Angkatan Udara (AU) memukau langit

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply