April 3, 2017 393 Views

Gorontalo Genjot Industri-pariwisata Topang Pertumbuhan Ekonomi

Gorontalo Genjot Industri-pariwisata Topang Pertumbuhan Ekonomi

Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan menggenjot sektor industri dan pariwisata untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang selama ini hanya bertumpu pada sektor pertanian.

“Gorontalo mengalami stagnasi dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini berada di angka 17-18 persen, karena kalau melihat pendapatan perkapita kita baru sekitar Rp27 juta, sementara pendapatan nasionalnya Rp47 juta,” kata Zudan.

Makanya untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak bisa hanya tergantung pada sektor pertanian, akan tetapi harus digeser ke sektor industri atau pariwisata.

Di sinilah perencanaan pembangunan harus dikelolah dengan betul, karena inflasi kita bisa tajam melonjak tinggi, yang bersumber dari sektor pertanian yaitu Bawang, cabai dan Tomat.

“Sektor kita yang paling kuat adalah pertanian sekitar 40 persen, sehingga ketika terjadi perubahan iklim maka inflasi pasti akan cepat naik,” imbuhnya.

Sehingga perencanaan pembangunan ke depan harus digeser, misalnya ke sektor industri atau pariwisata yang tidak terlalu tergantung dengan iklim, seperti contoh di Provinsi Bali.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaskan bahwa proyeksi kajian pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2007-2025, memang masih bertumpuk pada sektor pertanian.

“Karena memang itu potensi yang dimiliki daerah,” kata Winarni.

Ia menambahkan, pertambahan lahan pertanian Gorontalo sekitar 420 ribuan hektare, tapi dari total itu hampir 360 ribu hektare adalah lahan kering, sementara sisanya adalah lahan persawahan.

Sumber : antaragorontalo.com

You might also like

Sulteng : Masyarakat Mampu Diimbau Beli Elpiji Non Subsidi

Palu, – Masyarakat Palu ibukota Sulawesi Tengah yang kategori sudah mampu diimbau untuk membeli elpiji non subsidi untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. “Elpiji subsidi (3kg) hanya diperuntukan bagi warga

Tingkatkan Wisata, Sulut Kembangkan Tiga Tempat Ini

JAKARTA – Untuk mendongkrak potensi pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berkomitmen mengembangkan prasarana transportasi yaitu di Bandara Miangas, Bandara Sam Ratulangi, dan Pelabuhan Bitung.

Gubernur minta BPPD susun kalender event pariwisata

“Harus ada kepastian, bulan ini misalnya ada event apa? Bulan depan apa lagi, setiap bulan secara rutin harus… Makassar (ANTARA Sulsel) – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta

Presiden Beri Penghargaan Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Gubernur Olly Dondokambey (ketiga kiri) foto bersama Presiden Joko Widodo (kelima kiri) usai menerima penghargaan. (1) “Mari kita menjaga kelestarian hutan,   Presiden Joko Widodo pada “Hari Menanam Pohon Indonesia

60 Calon Investor Berminat Masuk Sulawesi Tengah

Sebanyak 60 calon investor dari berbagai negara dan dalam negeri akan bertemu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan PT. Bank Sulteng di Jakarta awal Desember 2016 guna membicarakan rencana investasi. “BKPM

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply