Diskominfo Sulsel Fokus Tingkatkan Literasi Sosial Media

“Konten sosial media banyak yang mengandung info hoax, kebohongan, kebencian, ucapan kebencian, caci maki…

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Selatan Andi Hasdullah mengatakan pihaknya akan fokus berupaya untuk meningkatkan literasi pengguna Sosial Media (Sosmed).

“Konten sosial media banyak yang mengandung info hoax, kebohongan, kebencian, ucapan kebencian, caci maki, isu berbau SARA, dan pornografi, ini menjadi ancaman yang sangat serius. Karena itu peningkatan literasi akan menjadi salah satu fokus kerja kami,” jelas Andi Hasdullah di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan sosial media menjadi ancaman serius, yang berpotensi memicu perpecahan dan mengancam soliditas dan kebhinekaan Bangsa Indonesia, jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Ini tentu saja akan menghambat upaya percepatan pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Pihaknya, lanjut dia, akan meningkatkan ketahanan netizen terhadap info yang negatif melalui edukasi atau literasi pengguna medsos yang santun dan produktif, dan mampu memfilter info yang bertebaran di dunia maya tersebut.

“Untuk itu, kami akan melakukan edukasi pengguna medsos secara bertahap,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mulai dari komunitas-komunitas pengguna medsos, seperti LSM, pelajar dan mahasiswa. Pihaknya akan menggalakkan Gerakan Ayo Santun dan Produktif di Dunia Maya.

“Rencananya, untuk triwulan pertama dan kedua, kami target seribu netizen, dan akan dilakukan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Sumber: AntaraSulsel

You might also like

BKPRS membahas keberlanjutan GERNAS KAKAO

Makassar- Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi telah melaksanakan pertemuan dengan BAPPEDA dan SKPD se Sulawesi atau Pejabat yang membawahi perkebunan di Sekretariat BKPRS Jl. A.P Pettarani F8 No 1 (18/01)

Masyarakat Tumpah Ruah Sambut Kedatangan Gubernur Rusli Habibie

Kedatangan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie setelah dilantik Presiden RI di Jakarta 12 Mei lalu, mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Gorontalo. Begitu tiba di Bandara Djalaluddin, Kamis (18/5), Rusli

Target produksi Kakao Sulawesi Selatan

TARGET PRODUKSI KAKAO SULSELPetani menjemur biji kakao di Desa Bonto Bangun, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (20/3). Pemprov Sulsel menargetkan produksi kakao pada 2017 akan mencapai 276

Gubernur Sulbar pamit di akhir masa jabatan

Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh menggelar pesta rakyat untuk pamit di sisa akhir masa jabatannya yang tinggal beberapa hari ke depan. “Kami atas nama keluarga besar menyampaikan permohonan maaf

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply