Diskominfo Sulsel Fokus Tingkatkan Literasi Sosial Media

“Konten sosial media banyak yang mengandung info hoax, kebohongan, kebencian, ucapan kebencian, caci maki…

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Selatan Andi Hasdullah mengatakan pihaknya akan fokus berupaya untuk meningkatkan literasi pengguna Sosial Media (Sosmed).

“Konten sosial media banyak yang mengandung info hoax, kebohongan, kebencian, ucapan kebencian, caci maki, isu berbau SARA, dan pornografi, ini menjadi ancaman yang sangat serius. Karena itu peningkatan literasi akan menjadi salah satu fokus kerja kami,” jelas Andi Hasdullah di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan sosial media menjadi ancaman serius, yang berpotensi memicu perpecahan dan mengancam soliditas dan kebhinekaan Bangsa Indonesia, jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Ini tentu saja akan menghambat upaya percepatan pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Pihaknya, lanjut dia, akan meningkatkan ketahanan netizen terhadap info yang negatif melalui edukasi atau literasi pengguna medsos yang santun dan produktif, dan mampu memfilter info yang bertebaran di dunia maya tersebut.

“Untuk itu, kami akan melakukan edukasi pengguna medsos secara bertahap,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mulai dari komunitas-komunitas pengguna medsos, seperti LSM, pelajar dan mahasiswa. Pihaknya akan menggalakkan Gerakan Ayo Santun dan Produktif di Dunia Maya.

“Rencananya, untuk triwulan pertama dan kedua, kami target seribu netizen, dan akan dilakukan secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Sumber: AntaraSulsel

You might also like

Presiden Lantik Rusli-Idris Sebagai Gubernur-Wagub Gorontalo

Jakarta,- Presiden Joko Widodo melantik Rusli Habibie-Idris Rahim sebagai Gubernur-Wagub Gorontalo periode 2017-2022 di istana negara Jakarta, Jumat. Selain Gorontalo, juga dilantik empat pasang gubernur dan wakil gubernur dari Papua

Kemenpar Dorong Kemajuan Pariwisata di Teluk Bone

KOLAKA, – Forum Group Discussion (FGD) Pertemuan Nasional dalam Pengembangan Kawasan Teluk Bone yang digelar di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, hari ini resmi berakhir. FGD tersebut menghadirkan perwakilan dari sebagian

Kemenpar Promosikan Wisata Unggulan Sulteng

PALU – Kementerian Pariwisata turut serta membantu mempromosikan potensi wisata unggulan yang terdapat di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara. Kepala Dinas

BKPRS membahas keberlanjutan GERNAS KAKAO

Makassar- Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi telah melaksanakan pertemuan dengan BAPPEDA dan SKPD se Sulawesi atau Pejabat yang membawahi perkebunan di Sekretariat BKPRS Jl. A.P Pettarani F8 No 1 (18/01)

Jokowi Minta Longki Tingkatkan Pembangunan Sulteng dan Kembangkan KEK Palu

JAKARTA, SULTENGEKSPRES — Presiden Joko Widodo mengatakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah yang mencapai 9,98 persen, berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 5,02 persen. Ia berharap itu menjadi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply