May 16, 2017 319 Views

Dinas Pariwisata Usulkan 12 Kegiatan Pengembangan Industri Kepariwisataan

Makassar – Dalam hal upaya peningkatan wisatawan di Gorontalo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) tetap fokus dan telah mengusulkan 12 perencanaan kegiatan antara lain masuk pada program pengembangan destinasi industri pariwisata.

“Ada 12 kegiatan terkait kepariwisataan yang telah diusulkan dan sudah masuk dalam e-planning, dengan total anggaran sekitar Rp18 miliar,” kata Resma Kabakoran, Plt kepala dinas Pariwisata pemprov Gorontalo.

Untuk pengembangan destinasi dan industri wisata ada enam kegiatan antara lain peningkatan kapasitas SDM kelompok sadar wisata maupun desa wisata, penyusunan master plan kawasan objek wisata Bongo dan Biluhu serta penataan tujuh lokasi wisata yang masuk Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN).

“Yang kebetulan tahun kemarin perencanaan detailnya sudah dilaksanakan,”ujar Resma.

Adapun tujuh lokasi KSPN yaitu, Benteng Otanaha, Petandio Resort, situs Pendaratan Bung Karno, Blue Marlin, Pantai Botubarani, Botutonuo dan taman laut Olele, ditambah satu yang sudah siap yaitu objek wisata Lombongo.

Selain itu ada kegiatan bimbingan terhadap jasa perhotelan dan restoran, bimbingan terhadap biro perjalan wisata, pramuwisata, dan khusus untuk bidang ini diusulkan anggaran kurang lebih Rp11 Miliar.

“Selanjutnya program pengembangan ekonomi kreatif dan SDM yang didalamnya ada tiga kegiatan yaitu, pengembangan usaha kereatif, pengembangan hubungan kelembagaan pariwisata, dan pengebangan komptensi SDM kepariwisataan, dengan anggaran kurang lebih Rp1,5 Miliar,”ujarnya.

Dan program terakhir yang diusulkan yaitu pengembangan pemasaran pariwisata, atau program promosi pariwisata ada tiga kegiatan juga, yaitu pengembangan sektor pasar personal, peningkatan pengembangan promosi pasar Asia Pasific, pasar Eropa dan Amerika.

“serta pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata nusantara, dengan anggaran sekitar total Rp 5 Miliar,”tutupnya. (Anie – Tim Redaksi Humas)

Sumber: www.gorontaloprov.go.id

You might also like

Hiu paus menjadi daya tarik wisata di Gorontalo.

Datanglah ke Provinsi Gorontalo. Ada fenomena menarik di sana. Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakrulloh, Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mendadak beken di kalangan wisatawan

Disparekraf: Togean Dan Lore Lindu Masuk Riparnas

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah, Siti Norma Mardjanu menyatakan, Kepulauan Togean dan Lore Lindu masuk sebagai Rencana Induk Pariwisata Nasional. Siti Norma Mardjanu di Palu, Minggu,

Sulawesi Utara Targetkan 700 Ribu Wisatawan

JAKARTA – Pemerintah Sulawesi Utara menargetkan peningkatan jumlah wisatawan ‎untuk tahun depan sebanyak 700 ribu. Sementara, Kementerian Pariwisata telah menargetkan pada tahun 2019, wisatawan asing yang datang ke Indonesia berjumlah

Pemkab Kolaka Promosikan Pariwisata Di “Halo Sultra”

Pemerintah Kabupaten Kolaka, menjadikan momen Pameran Pesona Halo Sultra 2017 untuk mempromosikan sektor pariwisata di daerah itu. Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kendari, Jumat, mengatakan bidang pariwisata merupakan salah satu

Wakatobi Wave 2017 Berlangsung Oktober, Disiapkan Dive Spots untuk Presiden Jokowi

Destinasi prioritas, Wakatobi di Sulawesi Tenggara bakal menggelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2017 atau disingkat Wakatobi Wave 2017 pada 19-22 Oktober 2017. Acara ini bakal menyajikan berbagai acara kebudayaan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply