May 16, 2017 289 Views

Dinas Pariwisata Usulkan 12 Kegiatan Pengembangan Industri Kepariwisataan

Makassar – Dalam hal upaya peningkatan wisatawan di Gorontalo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) tetap fokus dan telah mengusulkan 12 perencanaan kegiatan antara lain masuk pada program pengembangan destinasi industri pariwisata.

“Ada 12 kegiatan terkait kepariwisataan yang telah diusulkan dan sudah masuk dalam e-planning, dengan total anggaran sekitar Rp18 miliar,” kata Resma Kabakoran, Plt kepala dinas Pariwisata pemprov Gorontalo.

Untuk pengembangan destinasi dan industri wisata ada enam kegiatan antara lain peningkatan kapasitas SDM kelompok sadar wisata maupun desa wisata, penyusunan master plan kawasan objek wisata Bongo dan Biluhu serta penataan tujuh lokasi wisata yang masuk Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN).

“Yang kebetulan tahun kemarin perencanaan detailnya sudah dilaksanakan,”ujar Resma.

Adapun tujuh lokasi KSPN yaitu, Benteng Otanaha, Petandio Resort, situs Pendaratan Bung Karno, Blue Marlin, Pantai Botubarani, Botutonuo dan taman laut Olele, ditambah satu yang sudah siap yaitu objek wisata Lombongo.

Selain itu ada kegiatan bimbingan terhadap jasa perhotelan dan restoran, bimbingan terhadap biro perjalan wisata, pramuwisata, dan khusus untuk bidang ini diusulkan anggaran kurang lebih Rp11 Miliar.

“Selanjutnya program pengembangan ekonomi kreatif dan SDM yang didalamnya ada tiga kegiatan yaitu, pengembangan usaha kereatif, pengembangan hubungan kelembagaan pariwisata, dan pengebangan komptensi SDM kepariwisataan, dengan anggaran kurang lebih Rp1,5 Miliar,”ujarnya.

Dan program terakhir yang diusulkan yaitu pengembangan pemasaran pariwisata, atau program promosi pariwisata ada tiga kegiatan juga, yaitu pengembangan sektor pasar personal, peningkatan pengembangan promosi pasar Asia Pasific, pasar Eropa dan Amerika.

“serta pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata nusantara, dengan anggaran sekitar total Rp 5 Miliar,”tutupnya. (Anie – Tim Redaksi Humas)

Sumber: www.gorontaloprov.go.id

You might also like

Kemenpar Promosikan Wisata Unggulan Sulteng

PALU – Kementerian Pariwisata turut serta membantu mempromosikan potensi wisata unggulan yang terdapat di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara. Kepala Dinas

Terima kasih Gubernur Sulteng kepada Menteri Pariwisata

  Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berterima kasih kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang akan memfasilitas adanya penerbangan langsung Tiongkok-Palu yang khusus membawa para wisatawan. “Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Tengah

Pulau Kapoposang tawarkan paket wisata lepas tukik

Pulau Kapoposang yang berada di wilayah Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan tidak hanya menawarkan puluhan titik penyelaman namun juga paket wisata lepas tukik bagi para wisatawan yang berkunjung ke

10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Foto: Instagram Marischka Prue Gorontalo, sebuah provinsi ke-32 hasil pemekaran di Indonesia ini memiliki potensi wisata menarik yang sedang hits atau ngetren dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Sejak akhir

Menjaga Tradisi Gorontalo Sejak Umur 9 Tahun

Di usia yang masih sangat muda, 9 tahun, Hadjriah Abdullah telah mahir membuat kerajinan khas Gorontalo, termasuk kopiah karanji (kopiah keranjang, red). Kesungguhannya dalam menekuni kerajinan anyam berbahan mintu ini,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply