May 2, 2017 578 Views

Destinasi Wisata Baru Sulawesi Selatan Akan Dikembangkan

Destinasi Wisata Baru Sulawesi Selatan Akan Dikembangkan

Titik kunjungan atau destinasi wisata baru Sulawesi Selatan akan dikembangkan pada tahun 2017. Lolai di Toraja, paralayang Enrekang, wisata Takalar.

Titik kunjungan atau destinasi wisata baru Sulawesi Selatan akan dikembangkan pada tahun 2017. Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Devo Khaddafi.

“Pengembangan destinasi baru itu sesuai instruksi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo agar memprioritaskan sektor pariwisata,” ujar Devo Khaddafi.

Pada tahun 2016, tingkat kunjungan wisatawan mencapai 8,9 juta orang, alias naik di atas 15 persen dibanding 2015. Persisnya, kunjungan wisatawan Nusantara naik 15 persen dan wisatawan mancanegara 18 persen.

“Ini angka signifikan dibandingkan tahun 2015,” kata Devo. Menurut dia, pada 2016 itu terjadi perputaran dana Rp 48 triliun dari sektor kepariwisataan.

Devo menilai program pemerintah propinsi dengan branding “Explore South Sulawesi” sangat efektif meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata.

Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Selatan Didi L. Manaba membenarkan bahwa pada 2016 pariwisata Sulawesi Selatan tumbuh 10-15 persen. Hal itu tak lepas dari hadirnya destinasi baru, seperti Lolai di Toraja, paralayang di Enrekang, dan wisata pulau di Takalar. “Dukungan publikasi pada media sosial dan iklan ikut mendongkrak popularitas destinasi-destinasi itu.”Puncak Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara

Puncak Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara
Puncak Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara
Photo by: endyallorante

 

 

Puncak Lolai ini berada 20 kilometer arah utara Rantepao, ibukota Toraja Utara. Di daerah ini memang terdapat gugusan pegunungan yang beberapa puncaknya bisa dijangkau. Lolai dijual sebagai wisata seperti bromo, di mana wisatawan bisa menikmati matahari terbit yang indah dengan awan-awan.

Kampung Lolai berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Untuk berkunjung ke Kampung Lolai yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Rantepao, ibu kota Toraja Utara, pengunjung maupun wisatawan bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum seperti pete-pete alias angkot maupun ojek.

Tarif angkot dari Rantepao ke Kampung Lolai sekitar Rp 20 ribu sekali antar sehingga kalau PP (pergi-pulang) sekitar Rp 40 ribu. Sementara jika menggunakan jasa ojek, sekali antar sekitar Rp 30-40 ribu. Bisa pula menyewa mobil rental tapi tarifnya lebih mahal yaitu Rp 350 per hari.

Tidak hanya turis domestik, seiring dengan berita puncak Lolai yang mulai mendunia, keindahan alami puncak Lolai juga mulai dilirik oleh turis mancanegara.

Sumber : makassarguide.com

You might also like

Wisman Ke Makassar Pada Januari 1.677 Orang

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus melalui pintu Makassar juga fluktuatif… Makassar (Antara Sulsel) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mendata jumlah wisatawan mancanegara pada Januari

Disbudpar Gencarkan Promosi Kalender Wisata Maros

“Semua potensi wisata budaya dan alam itu terus kami promosikan baik dalam dan luar negeri… Maros, Sulsel (Antara Sulsel) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, terus

Sepanjang 2017, Sulut Bidik 3 Juta Turis

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara membidik kunjungan tiga juta turis sepanjang tahun 2017, baik turis domestik maupun mancanegara. Untuk menggaet itu, Sulut berniat menggelar beragam kegiatan wisatawan di samping menggenjot penerbangan

Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan wisata strategis nasional oleh pemerintah pusat. “Iya, Togean sudah ditetapkan pemerintah pusat menjadi salah satu kawasan

Pemkab Kolaka Promosikan Pariwisata Di “Halo Sultra”

Pemerintah Kabupaten Kolaka, menjadikan momen Pameran Pesona Halo Sultra 2017 untuk mempromosikan sektor pariwisata di daerah itu. Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kendari, Jumat, mengatakan bidang pariwisata merupakan salah satu

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply