BPS : Aktivitas penerbangan Sulbar meningkat

BPS : Aktivitas penerbangan Sulbar meningkat

“Jumlah pesawat yang berangkat dan datang melalui Bandara Tanpa Padang Mamuju dan Sumarorong Mamasa…

Mamuju  – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, akttivitas penerbangan di wilayah Sulawesi Barat, pada Agustus 2016 mencapai 242 kali penerbangan atau meningkat sebesar 34,44 persen jika dibandingkan dengan kondisi Juli 2016.

“Jumlah pesawat yang berangkat dan datang melalui Bandara Tanpa Padang Mamuju dan Sumarorong Mamasa Sulawesi Barat pada Agustus 2016 sebanyak 242 kali penerbangan. Jumlah ini mengalami peningkatan dengan jumlah 180 kali penerbangan,” kata Kepala BPS Sulbar, Suntono di Mamuju, Senin.

Sementara itu, kata dia, jika dibandingkan dengan bulan Agustus tahun sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 17,48 persen, yang pada periode tersebut jumlah pesawat tercatat 206 kali penerbangan.

Jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan datang melalui Bandara Tampa Padang Mamuju dan Sumarorong Mamasa selama bulan Agustus 2016 sebesar 10.630 orang.

Nah, kata dia, jika dibandingkan dengan keadaan bulan Juli 2016 yang mencapai 10.779 orang, maka hal ini terjadi penurunan sekitar 1,38 persen.

“Hal yang berbeda terjadi jika dibandingkan dengan kondisi bulan Agustus tahun sebelumnya yang hanya 8.052 orang, maka terjadi peningkatan sebesar 23,02 persen,” ungkap Suntono.

Sementara itu kata Suntono, jumlah barang yang dibongkar dan dimuat melalui Bandara Tampa Padang Mamuju dan Sumarorong Mamasa Sulawesi Barat selama bulan Agustus 2016 adalah sebesar 66.334 kg.

Hal ini berarti terjadi peningkatan sekitar 6,84 persen jika dibandingkan dengan keadaan bulan Juli 2016 yang tercatat sebesar 62.089 kg. Hal yang sama terjadi jika dibandingkan bulan Agustus tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 42.494 kg, terjadi kenaikan sekitar 56,10 persen.

Demikian halnya kondisi jumlah pelayaran yang melalui pelabuhan di Sulawesi Barat selama periode bulan Agustus 2016 sebanyak 358 kali, atau terjadi peningkatan sebesar 19,73 persen jika dibandingkan dengan keadaan bulan Juli 2016 yang tercatat 299 unit.

Apabila dibandingkan dengan kondisi bulan Agustus tahun sebelumnya yang mencapai 184 unit, maka hal ini mengalami peningkatan sebesar 94,57 persen.

Jumlah penumpang angkutan laut yang berangkat maupun datang melalui Sulawesi Barat selama bulan Agustus 2016 sekitar 4.837 orang. Apabila dibandingkan kondisi pada bulan Juli 2016 yang mencapai 9.693 orang, terjadi penurunan sekitar 50,10 persen. Akan tetapi jika dibandingkan dengan kondisi bulan Agustus tahun sebelumnya yang mencapai 4.206 orang, terjadi peningkatan sebesar 15,00 persen.

Sumber: (Antarasulbar) Antaranews.com

You might also like

Kendari Buka Ruas Jalan Baru 14,4 KM

Pemerintah Kota Kendari telah membangun atau membuka ruas jalan baru selama tahun 2016 sepanjang 14,4 kilometer. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kendari, Faisal Alhasby, di Kendari, Jumat, mengatakan jalan baru yang

Tol Manado-Bitung Terkoneksi Trans Sulawesi

Manado (ANTARA News) – Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Roy Octavianus Roring mengatakan, Tol Manado-Bitung yang akan dibangun nantinya akan terhubung dengan ruas jalan

Pembangunan Infrastruktur Sulawesi Jadi Salah Satu Asean Highways

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung pembangunan ASEAN Highways atau jaringan jalan beberapa negara yang

KA Trans Sulawesi Difungsikan April 2018

BARRU, BKM — Pembangunan infrastruktur kereta api (KA) terus digenjot. Hingga saat ini, proggresnya cukup menggembirakan. Panjang rel kereta api yang sudah terpasang hingga saat ini sekitar 30 km. Selain

Presiden telah Resmikan Tiga Bandara di Miangas Sulut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga bandara di wilayah Sulawesi yakni Bandar Udara Miangas di Pulau Miangas, Gedung Penumpang Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena, dan Gedung Penumpang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply