Atraksi Pisang Tumbuk Tutup Festival Boalemo

Atraksi Pisang Tumbuk Tutup Festival Boalemo

Atraksi Pisang Tumbuk Tutup Festival Boalemo

Gorontalo, – Atraksi kuliner pisang tumbuk menutup seluruh rangkaian Festival Boalemo 2016 di Kabupaten Boalemo dalam beberapa hari terakhir.

Atraksi tersebut menampilkan sederetan warga yang membakar pisang, lalu menumbuknya dengan sambal ala Gorontalo.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Rabu, mengatakan atraksi tersebut akan menarik minat pengunjung, sehingga pemerintah daerah bisa sekaligus mempromosikan kuliner tradisional.

Kuliner tersebut merupakan salah satu panganan khas Gorontalo, yang digemari para pecinta makanan pedas.

Menurutnya wisata kuliner memiliki peluang pada peningkatan pendapatan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, serta menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Boalemo.

Ia menilai kemajuan sektor pariwisata bisa menjadi pengungkit bagi berkembangnya usaha mikro, kecil, dan menengah, serta sektor-sektor lainnya.

“Jika pariwisata maju, banyak wisatawan yang berkunjung, dan tentunya ini akan sangat menguntungkan masyarakat yang ada disekitar obyek wisata dengan usaha kulinernya maupun kerajinan tangan yang bisa menjadi cenderamata bagi wisatawan,” jelas Idris.

Keindahan obyek wisata di Kabupaten Boalemo, lanjutnya, harus ditunjang dengan inovasi dan prakarsa masyarakat, serta kreatifitas dalam memanfaatkan peluang usaha dengan berbagai sajian kuliner dan produk-produk UMKM yang berkualitas.

“Pariwisata itu tidak cukup hanya mengandalkan keindahan obyek wisata semata, tetapi keramahtamahan masyarakat, kebersihan lingkungan, dan juga ketersediaan kuliner juga menjadi penunjang majunya satu destinasi wisata,” ujarnya.

Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta yang digelar selama sepekan, diisi dengan 11 kegiatan diantaranya Boalemo graviti open turnament, lomba fotografi, pemilihan Nou dan Uti, lomba dayung perahu tradisional, karnaval budaya, Boalemo expo, Festival Tumbilotohe, tarian tradisional di atas bara api, serta kegiatan promosi melalui segmen acara Dahsyat pada salah satu televisi nasional.

Sumber: Antaragorontalo.com

You might also like

Hiu paus menjadi daya tarik wisata di Gorontalo.

Datanglah ke Provinsi Gorontalo. Ada fenomena menarik di sana. Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakrulloh, Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mendadak beken di kalangan wisatawan

12 Negara Siap Adu Cepat di Tour de Central Celebes

Bagi Anda penyuka sport tourism balap sepeda level internasional, siap-siaplah kosongkan jadwal pada 6-8 November 2017. Ada Tour de Central Celebes (TDCC) 2017 yang siap digelar di Provinsi Sulawesi Tengah

Pemkab Kolaka Promosikan Pariwisata Di “Halo Sultra”

Pemerintah Kabupaten Kolaka, menjadikan momen Pameran Pesona Halo Sultra 2017 untuk mempromosikan sektor pariwisata di daerah itu. Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kendari, Jumat, mengatakan bidang pariwisata merupakan salah satu

10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Foto: Instagram Marischka Prue Gorontalo, sebuah provinsi ke-32 hasil pemekaran di Indonesia ini memiliki potensi wisata menarik yang sedang hits atau ngetren dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Sejak akhir

Bupati Gowa Perkenalkan Beautiful Malino Di Kemenpar

Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan memperkenalkan program “Beautiful Malino” kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta. Kepala Bagian Humas Gowa, Abdullah Sirajuddin, Selasa, mengatakan, even tahunan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply