10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo
May 2, 2017 446 Views

10 Destinasi Wisata Menarik di Gorontalo

Foto: Instagram Marischka Prue

Gorontalo, sebuah provinsi ke-32 hasil pemekaran di Indonesia ini memiliki potensi wisata menarik yang sedang hits atau ngetren dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri.

Sejak akhir tahun 2016 hingga awal tahun 2017 ini, banyak sekali wisatawan yang tertarik mengunjungi Gorontalo.

Berikut 10 tempat wisata yang sedang populer di Gorontalo:

1. Pulau Cinta

Bentuk pulaunya yang mirip dengan hati atau love, membuat pulau ini diberi nama Pulau Cinta. Pulau yang berada di Kabupaten Boalemo ini sepertinya cocok untuk pengantin baru yang ingin bulan madu berdua-duaan.

Pulau Cinta mulai populer dan ramai dikunjungi wisatawan setelah Festival Sail Tomini Boalemo pada 2015 lalu. Keindahan panorama pulau kecil dengan pasir putih dan air laut yang tenang telah memikat wisatawan untuk mendatanginya.

Pulau Cinta dikelilingi oleh 15 bangunan cottage yang didesain romantis. Bila kamu ingin menginap, cottage ini bisa disewa dengan tarif Rp5 juta per malam.

2. Teluk Tomini

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia, dengan luas kurang lebih 6 juta hektar. Teluk ini bersinggungan dengan 3 provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Teluk Tomini juga mulai populer menjadi destinasi wisata internasional setelah digelarnya Festival Sail Tomini. Teluk Tomini yang berada tidak jauh dari Bandara Gorontalo, menawarkan pemandangan bawah laut yang menarik.

Bila ingin menyelam atau sekedar snorkeling, kamu harus menggunakan kapal dari pelabuhan di kota Gorontalo menuju ke lokasi penyelaman, sekitar 15 menit perjalanan. Terkadang di tempat ini, kamu dapat menjumpai ikan hiu paus berenang di permukaan laut. Kamu pun dapat berenang bersamanya di lautan.

3. Pulau Saronde

Selain Pulau Cinta, pulau kecil di Gorontalo ini juga bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang ingin menenangkan diri wisata ke sebuah pulau. Meskipun tidak sesunyi dan se-eksklusif Pulau Cinta, namun pesona keindahan Pulau Saronde juga sudah mendunia.

Pesona alam Pulau Saronde yang masih alami, pasirnya putih bersih, dan air lautnya pun tenang dan jernih bisa menghilangkan kepenatan dan menenangkan jiwa.

Bila ingin ke Pulau Saronde, dari Kota Gorontalo kamu terlebih dahulu ke pelabuhan di Kota Kwandang, yang berjarak 50 kilometer dan bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum. Dari Pelabuhan Kwandang kamu lanjutkan dengan naik kapal motor ke Pulau Saronde selama sekitar 45 menit.

4. Pulau Lampu

Pulau Lampu berada di belakang Pulau Saronde. Pulau ini dinamai Pulau Lampu karena adanya lampu mercu suar di tengah pulau, yang berfungsi sebagai pemandu kapal-kapal.

Pulau lampu juga menawarkan keindahan alam pantai dengan hamparan pasir putih nan lembut dan air laut yang biru jernih bagai berlian.

Alam bawah lautnya yang indah mempesona, dengan karang-karang berwarna-warni serta ikan-ikan cantik bisa kamu lihat secara kasat mata dari atas permukaan laut. Di sini kamu bisa berenang atau snorkeling menyaksikan bebatuan karang dari dekat.

5. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo menawarkan pesona keindahan alam yang berbeda dibandingkan pulau-pulau sebelumnya. Pulau ini masih asri dan belum banyak terjamah manusia, serta memiliki panorama alam yang serba hijau.

Keindahan Pulau Diyonumo sedang ngetrend di Instagram wisatawan domestik. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang menakjubkan, kamu harus sedikit mendaki ke puncak bukit kecil.

6. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Gorontalo.

Destinasi ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 21 menit, dam dapat dijangkau dengan kendaraan darat maupun kendaraan laut.

Dengan ber-snorkeling di sekitar pantai, maka kamu akan temukan keindahan bawah laut Gorontalo yang sesungguhnya. Taman terumbu karang dan gerombolan ikan-ikan lucu berenang di bawah laut sana.

7. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Sudah ya, main-main di pantai. Kini, kita beralih main air ke pegunungan atau air terjun.

Air Terjun Hiyaliyo Da’a (Ujung Hulu) atau Air Terjun Didingga adalah air terjun unik di Gorontalo yang wajib kamu kunjungi. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini tidak langsung jatuh ke kolam atau sungai di bawahnya, tapi airnya turun mengaliri tebing yang bertingkat-tingkat.

8. Air Terjun Permai Taludaa

Air terjun ini terbilang masih perawan dan jarang dikunjungi di Gorontalo, karena letaknya yang tersembunyi di area hutan Desa Taludaa, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Nah untuk menuju ke sini, dari Kota Gorontalo kamu terlebih dahulu ke Desa Taludaa dengan menggunakan angkutan umum melalui jalur Selatan, selama 3 jam. Lalu, kamu harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer melewati perkebunan warga hingga masuk hutan.

9. Masjid Walima Emas

Tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, Gorontalo juga punya sebuah masjid yang mewah. Daya tarik Masjid Walima Emas Bubohu adalah adanya 4 kubah kecil dan 1 kubah utama yang berbalut emas.

Masjid ini berada di atas perbukitan, dan mempunyai pemandangan langsung ke laut yang terlihat dari masjid.

10. Desa Wisata Religi Bubohu


Desa Bubohu lebih dikenal dengan nama Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Desa ini merupakan desa terakhir di pesisir Teluk Tomini yang berbatasan langung dengan Tanjung Kramat Kota Gorontalo.

 

Sumber : iyaa.com

You might also like

Gorontalo Utara Bangun “tracking Mangrove” Untuk Wisata

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo akan membangun “tracking” atau jalur untuk tanaman mangrove di Desa Langge, Kecamatan Anggrek, guna menunjang sektor pariwisata. Kepala Bidang Kelautan dan

Sulbar Targetkan 2017 Dikunjungi 15 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menargetkan jumlah kunjungan wisatawan melalui sektor pariwisata pada 2017 mencapai sekitar 15 juta orang dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan memajukan ekonomi daerah. Ketua panitia pelaksana

5 Budaya Gorontalo Jadi Warisan Budaya Tak Benda

(Sumber foto : gorontaloprov.go.id) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui melalui Ditjen Kebudayaan menetapkan lima budaya Gorontalo sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Budaya tersebut yakni Paiya Lohungo Lopoli, Tuja’i, Wunungo,

Sinergitas Promosi Pariwisata Menyambut Visit Sulawesi 2020

Makassar (ANTARA Sulsel) – Kepala Dinas Pariwisata se-Sulawesi menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam hal sinergitas promosi pariwisata menyambut Visit Sulawesi 2020 yang difasilitasi oleh Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS).

Wisata Sejarah “benteng Otanaha” Ramai Pengunjung

Objek wisata sejarah yang juga merupakan situs cagar budaya “Benteng Otanaha” di Kelurahan Dembe, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai pengunjung saat akhir pekan, Minggu. Pantauan ANTARA, pengunjung yang datang ke

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply